11 Umpan Ikan Gabus Ampuh Terpopuler

Ikan gabus atau Channa Striata ini dikenal mempunyai agresivitas yang tinggi, ini karena gabus bersifat ikan predator, selain itu juga ikan ini bersifat (ikan teritori) yang apabila ada mahkluk asing datang langsung berarti ancaman dan langsung diserangnya terhadap daerah teritorialnya. Tingkat agresivitas ikan gabus berlipat ketika sedang beranak. Biasanya induk ikan gabus selalu menggiring anaknya yang baru menetas untuk mencari makan atau bermain. 

Karena sifatnya yang predator jadi ikan gabus termasuk ikan karnivora yang memangsa hewan atau daging, terutama yang berbau amis dan anyir.


Sensasi tarikan ikan gabus selalu diburu para pemancing, terutama yang suka memancing di alam liar misalnya, rawa, hutan, sungai dan danau. Oleh karena itu dibutuhkan umpan-umpan yang sesuai dengan lokasi ataupun mood dari para pemancing. berikut umpan-umpan yang bisa dicoba Agan-agan, selamat mencoba.......!  

Umpan mancing ikan gabus

  1. Cacing Tanah, cacing tanah ini selain mudah dicari juga memiliki tingkat keamisan yang tinggi, sehingga sangat populer dikalangan para pemancing.
  2. Katak kecil/precil. Katak sebagai umpan hidup  sangat jitu untuk menarik perhatian iakan gabus. Dengan cara, mengaitkan punggungnya pada mata kail. Usahakan agar katak dalam keadaan hidup, walaupun dalam kondisi matipun tetap ampuh juga.
  3. Cicak. cicak termasuk umpan ikan gabus yang sangat ampuh. ada mitos bahwa cicak adalah musuh bebuyutan dari gabus. penulis sendiri pernah merasakan keampuhan cicak sebagai umpan ikan gabus. Caranya, masukkan mata pancing melalui mulutnya, kemudian kaitkan pada salah satu kaki belakang cicak(untuk target gabus jumbo), atau memotongnya menjadi dua bagian.  
  4. Belalang kayu. Belalang juga dapat dimanfaatkan sebagai umpan gabus yang ampuh dan jitu. kaitkan mata kail ke bagian ekor belalang, usahakan belalang tetap hidup.
  5. Ikan kecil. jenis ikan yang digunakan sebagai umpan ikan ini biasanya ikan wader, sepat, dan juga ikan lainnya, dengan cara mengaitkan mata kail ke bagian punggung ikan tersebut.
  6. Jangkrik. Jangkrik juga dapat dimanfaatkan untuk umpan atau pakan ikan gabus. caranya sama dengan menggunakan umpanbelalang.
  7. Ulat Daun. Biasanya ulat daun yang digunakan sebagai umpan ikan gabus adalh ulat daun pisang yang memiliki tingkat keamisan yang lumayan kuat. Caranya, mengaitkan mata kail pada bagian punggungnya atau memotongnya menjadi beberapa.
  8. Belatung. Belatung biasa kita temukan pada bangkai binatang atau tempat sampah. Selain itu, belatung juga terlihat sangat jorok. tetapi belatung dapat dimanfaatkan sebagai umpan ikan gabus yang lumayan ampuh.
  9. Gendon. gendon ini memang kurang populer digunakan orang sebagai umpan ikan gabus, binatang ini berbentuk menyerupai ulat tetapi tidak berbulu.
  10. Kroto. kroto bisa digunakan untuk umpan ikan gabus yang jitu. dengan cara, kaitkan beberapa kroto/dikombinasikan dengan umpan lain seperti cacing atau jangkrik.
  11. Umpan tiruan, walaupun keampuhan umpan ini memang tergantung seberapa liar spot pemancingan kita, semakin liar umpan ini semakin ampuh. Umpan tiruan ini biasanya terbuat dari karet, plastik dan bisa juga dari kayu.
  
semoga bermanfaat...

0 Response to "11 Umpan Ikan Gabus Ampuh Terpopuler"