Mancing Ikan Tanpa Umpan Ikan


 Mancing Ikan Tanpa Umpan Ikan

Senar pancing yang bagus sangat penting bagi pemancing, apalagi untuk memancing setekan atau mancing tanpa umpan di kolam atau empang. Kualitas senar pancing memang haruslah sangat diperhatikan. Jangan asal senar besar saja. Ukuran bukanlah yang utama yang terpenting adalah mutu kekuatan senar tersebut

Warna senar juga sangat menentekan sukses tidaknya mancing dengan tehnik setekan ini. Sebab, senar yang berwarna mencolok akan mengganggu atau menakut-nakuti untuk mendekat. Penggunakan senar sebaiknya yang sewarna dengan air atau bening. 
img:flickr
Langsung aja gan, ini beberapa tips hasil pengalaman kami juga sharing bersama mastah-mastah di sekitar kami:
Buat memancing lele cara setekan (tanpa umpan) di kolam
Memancing setekan ini sangat amat tergantung pada menabraknya ikan pada senar pancing, sehingga apabila senar pancing mudah terlihat ikan maka nasib anda akan buruk. Pilih senar pancing dengan warna samar gan, seperti bening kehijauan, bening kekuningan, atau bening. Senar pancing warna gelap kurang dianjurkan.

Jangan menakut-nakuti ikan dengan senar pancing yang besar gan. Gunakan ukuran sekecil mungkin tapi kuat untuk ikan di kolam. Nah, senar pancing tipis tapi ulet itu resepnya. Harus mahal? sama sekali tidak gan. Kami melakukan test bobot berulang-ulang, ternyata senar pancing seharga kisaran Rp. 15.000 ukuran 0,18 saja mampu menyeret ikan lele dan bawal ke tepian seberat 4,5 Kg tanpa menggelombang (senar tetap lurus), ukuran 0,20 mampu menyeret ikan master lele dan bawal 5,5 Kg tanpa menggelombang. Misalkan senar pancing Orca Eagle, atau Ogawa Qianliu yang memiliki kemampuan tak kalah dengan senar pancing harga 250.000.😆

Untuk memancing setekan model nying (angkat ikan sampai naik total), senar pancing murah meriah semacam 

Orca Eagle atau Ogawa Qianliu ukuran 0,28 mampu mmengangkat ikan 4 Kg secara perlahan-lahan sampai ke atas, dan menghentak ikan 3,5-4 Kg sampai ke atas (gradakan). 

Ogawa Qianliu 0,30 mampu mengangkat ikan 4,5-5 Kg sampai ke atas secara perlahan. 

Orca Fly Fishing (harga kisaran Rp. 30.000 saja) mampu mengangkat ikan 6 Kg secara perlahan sampai ke atas.

Alternatif lain bagi agan yang sedit mau bermahal-mahal, senar pancing mengandung Fluoro Carbon dapat menjadi pilihan. Senar pancing yang mengandung Fluoro Carbon semacam Blood Big Game ini memiliki indeks bias kecil, sehingga sangat samar bagi mata ikan di air. Kelemahan senar pancing yang mengandung Fluoro Carbon ini umumnya kaku, dengan kekuatan sedikit lebih kecil dari senar pancing monofylamen semacam Orca Eagle. Disamping itu, harga senar pancing Fluoro Carbon yang bagus semacam Blood Big Game lumayan mahal, kisaran 100.000 per gulung (isi diatas 150 meter).

Tips tambahan, agar senar pancing agan tak mudah menggulung, setting kolongan senar pancing agan pada joran secara rapat, jangan terlalu renggang tapi juga jangan terlalu rapat. Juga gunakan ujung tanduk yang bagus, halus dan mengkilap agar tidak melukai senar pancing agan.
Pengalaman kami banyak sekali senar pancing dengan harga mahal tapi merek doang gan, tak terbukti mampu angkat bebean berat meskipun ada bagusnya karena tak mudah menggelombang, tapi getas sangat mudah putus. Rekomendasi kami, untuk harga murah, senar pancing Orca Eagle, Ogawa Qianliu, Orca Fly Fishing menjadi rekomendasi utama. Untuk yang agak mahal, Blood Big Game sangat baik digunakan."

Selamat Mencoba....!

1 Response to "Mancing Ikan Tanpa Umpan Ikan"

  1. Tioga SteelSeries.com - TitaniumArts
    Tioga SteelSeries.com. | Official Site of the SEGA® micro touch titanium trim SEGA® SEGA® Genesis™, the ultimate 2017 ford focus titanium retro console. We offer over 20 titles ffxiv titanium nugget across all genres from titanium for sale all-time classics like Sonic titanium block

    BalasHapus