Tips Memilih Ukuran Reel (spinning)


*Tips 1

Tips Memilih Ukuran Reel (spinning)

Reel yang umum dipakai biasanya berukuran 1.000 sampai 10.000 walaupun masih ada ukuran reel yang sampai 20.000 dan 30.000 serta ada juga reel mini yang ukurannya dibawah 1.000.

Reel yang biasa digunakan untuk mancing di kolam, sungai dan danau ( fresh water / air tawar) biasanya ada pada kisaran 1.000 sampai dengan 3.000. perlu diketahui maksud dari angka 1.000, 2.000, 3.000 adalah bahwa reel tersebut mampu menahan beban 1 kg untuk ukuran 1.000 dan seterusnya, walaupun tidak semuanya reel demikian. Di sungai dan di danau kemungkinan ada ikan dengan berat di atas 5 kg kemungkinannya kecil walaupun di beberapa daerah sangat mungkin biasanya di luar pulau Jawa.

Ketika mengetahui ukuran dan maksud dari angka ukuran tersebut maka kita lebih mudah untuk menentukan ukuran berapa reel yang akan kita gunakan untuk memancing. Hal ini tentu berdasarkan target ikan. Target ikan ini penting untuk diutarakan karena tenaga ikan walaupun dengan berat yang sama, belum tentu memberikan tenaga yang sama pula ketika terjadi strike. Jelas ikan mujaer 1 kg tenaganya berbeda dengan ikan bawal yang beratnya sama-sama 1 kg.

Untuk mancing di tengah laut, saya sarankan menggunakan reel yang ukurannya diatas 5.000, hal ini dikarenakan kedalaman laut yang rata rata diatas 50 meter akan memberikan tenaga bagi ikan memberikan perlawanan yang cukup kuat walaupun ikan tersebut bervariasi dari jenis serta berat ikan tersebut.
Tidak dapat disamakan tenaga ikan waktu bertarung pada permukaan laut dan dasar laut. Sebagai contoh ikan tengiri ketika berada di permukaan laut dengan kedalaman 1 s.d 3 meter dibandingkan dengan tengiri yang berada dikedalaman 50 meter. Mengapa demikian? karena adanya pertarungan vertikal yang cukup menguras tenaga pemancing ketika menggunakan teknik dasaran. Tenaga ikan akan semakin kuat ketika ikan berada di kedalaman.

Dengan demikian kita bisa memilih ukuran reel untuk digunakan dimana serta jenis ikan apa yang menjadi target kita
img:flickr
*Tips 2 (jangan terlalu serius dan lebih baik tidak dibaca)

Tips memilih reel / kerekan. ( tips nomer 2 patut dicontoh)

Reel merupakan piranti yang sangat diperlukan untuk memancing, berikut ini adalah 5 tips dasar tentang memilih reel / kerekan yang sesuai bagi kita.
1. Tentukan dulu tempat anda akan memancing. Baik kolam, laut atau sungai. Untuk kolam ukuran reel 1000-4000 dirasa sudah cukup memadai, karena rata² luas kolam antara 2 hektar jadi menggunakan senar ukuran 0.1-0.3 saja njenengan sudah bisa mendapat panjang senar 10-40m. Jika terlalu panjang dan melempar umpan agak jauh bisa bisa kena kepala teman sesama pemancing.
Beda lagi dengan reel laut yang memiliki kedalaman 6-40m bahkan lebih. Jadi reel yg diperlukan adalah 6000-8000. Pesan :
Jangan coba-coba menggunakan reel 8000 keatas untuk mancing di kolam, karena sodara ini mancing bukan angkat besi, dan jangan sekali-sekali membawa reel kolam untuk mancing dilaut, karena sodara akan kerepotan menyambung senar sedangkan ikan masih memberikan perlawanan.
2. Carilah reel yg terbuat dari metal/besi/baja, bukan tanpa alasan namun sangat bermanfaat... jikalau suatu saat istri sodara marah besar dan nekat membakar peralatan memancing sodara, maka reel tersebut masih bisa diselamatkan meskipun rumah tangga sodara tidak.😱
3. Cari reel yang memiliki bearing terbanyak. Ntah karena takut kalah dgn perlawanan ikan atau gengsi dg teman mancing, seringkali kita memilih reel yg memiliki ball bearing banyak, namun jika stok reel dg ball bearing terbanyak di toko tersebut masih dirasa kurang, sodara bisa menambahkan bearing roda sepeda motor/bearing sepur di reel tersebut, namun sodara akan lebih pantas jika disebut penjual bearing.
4. Pilihlah reel yang sesuai dengan isi dompet sodara. Pilih yg pas dan jangan terlalu mahal karena memancing masih butuh uang untuk makan, rokok, saweran, beli umpan, beli ikan jika boncos, bayar perahu, bayar saweran, beli pulsa, beli token dll. Jangan karena reel mahal trus njenengan kehabisan uang dan hanya bisa mancing di akuarium atau bahkan tidak bisa pergi mancing sama sekali. Sungguh tragis jika terjadi seperti ini. 
5. Tips terakhir dan wajib dipahami.... Pastikan sodara memiliki joran yang mempunyai lubang cincin untuk tempat senar. Sudah dipastikan reel tidak akan bisa bekerja jika tidak ada lubang tersebut.

Baca juga>>>tips memilih joran pancing
                >>>mancing ikan tanpa umpan ikan

Semoga bermanfaat......!

0 Response to "Tips Memilih Ukuran Reel (spinning)"