Tips Merawat Piranti Mancing agar awet

Kegiatan memancing memang mengasyikkan sekaligus menyenangkan, namun demikian saking asyiknya kita memancing, tidak memperhatikan piranti yang kita gunakan, seperti; reel, rod, lure, line dan lain-lain. Usahakan jangan sampai menunggu sampai piranti kita mengalami gangguan atau rusak, perawatan secara berkala wajib dilakukan. Minimal 1 bulan sekali, semakin sering semakin bagus (setelah piranti digunakan). 
img:flickr
1. Reel
Biasakan melakukan service berkala setelah reel dipakai. Dari pemberian pelumas pada pada bagian2 sepeti knob handle, bearing spool, line winder, gear, dll. Hal sepele ini akan membantu memperpanjang umur reel anda. Terutama setelah pemakaian ke air asin. Wajib dilakukan pembersihan dan service. Apabila reel disimpan selalu kendorkan drag. Jgn pernah tersimpan dalam keadaan drag kencang. Juga, tali dalam spool wajib dibersihkan dgn menggulung ulang agar garam tidak merusak spool.
langkah-langkah:
1. bersihkan perangkat dengan tysu pastikan tidak tersisa pelumas yg lama
2. pakai kuas pakai minyak tanah atau solar bersihkan ke sela2 yg tidak terjangkau oleh tysu
3. oleskan cairan lengket ini ke gigi2 yg bergerak di saat di oprasikan
4. catatan jangan oleskan ke bearing spul kiri kanan karena akan berat saat melempar.
5. tutup lagi bagian2 yg ke posisi semula jangan laba ya ring atau baut yg tadi di lepas biasa nya dapat bonus baut atau ring hihiii
2. Rod
Bersihkan semua bagian rod dengan air tawar dan sabun atau sejenisnya. Pembersihan bagian ring guide dapat menggunakan sikat gigi. Handle rod juga wajib diperhatikan. Jgn biarkan kotoran menumpuk pada handle karena dapat mengakibatkan pengerasan pada eva atau cork. Simpan selalu dalam sarung pembungkusnya.
3. Lure
Hard lure cenderung lebih mudah penanganannya. Bersihkan dan keringkan.
Namun softlure butuh perawatan extra. Setelah dibersihkan dan dikeringkan, taburi bedak untuk mencegah karet rusak seperti mengeras atau melting (mencair). Hindari penyimpanan softlure dgn menumpuk semuanya. Pisahkan agar tidak terjadi reaksi kimia antar karet.
4. Line/tali/kenur
Biasakan membilas tali anda setelah memancing untuk membersihkan kotoran dan garam yg dapat merusak tali. Dengan respooling dan dicuci dengan air tawar hangat dan sabun yg lembut. Keringkan dan respooling kembali. Pemberian line conditioner atau pelembab sangat membantu memperpanjang umur tali.
Selain itu untuk mengatasi Backlash ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka spool dari reel bc nya
2. Benang yang kusut bgt, keluarkan dari spoolnya, sampai muncul benang yang masih rapih
3. Ujung benang ikatkan ke lidi atau sumpit
4. Mulai uraikan benang dengan teliti, mainkan lidi layaknya jarum, sehingga simpul2 yang kusut dapat diurai,
5. Benang yang mulai terurai sedikit demi sedikit gulungkan ke lidinya
6. Lakukan dengan sabar teliti, waktu yang dibutuhkan tergantung tingkat kekusutan. klw pengalaman pribadi, pernah dua kali kusut parah karena backlash. yang pertama 90 menit beres, yang kedua 30 menit beres. Insya Allah benang Agan2 yang kusut akan kembali terurai.

Baca Juga>>> toko alat pancing ikan di semarang

Selamat mencoba semoga bermanfaat....!.

0 Response to "Tips Merawat Piranti Mancing agar awet"