Faktor X dan Y Penentu Keberhasilan Mancing Ikan Lele Galatama|Umpan Ikan Lele Galatama Alternatif

Pada habitat aslinya ikan lele adalah ikan nokturnal dan predator yang suka memangsa hewan-hewan seperti; cacing, ikan kecil, renik, bangkai dan dan lain-lain, sehingga kegiatan memancing sedikit lebih mudah dilakukan.
Namun lain ceritanya jika kita memancing ikan lele galatama, yang mana ikan lele yang kita pancing adalah hasil dari pemijahan peternak lele, yang dari kecil sudah diberi pakan tiap pagi, siang dan sore hari yang membuat sifat asli lele sebagai hewan nokturnal sudah berubah atau bahkan hilang sama sekali.
Ditambah lagi dengan kontur, kondisi air serta dasar kolamnya sudah berubah-ubah seiring dengan banyaknya jenis pelet dan seringnya kolam digunakan untuk acara, persaingan adu umpan jitu dan ampuh berlangsung.

Akan tetapi, kita sebagai pemancing sejati harus ingat bahwa, memancing itu merupakan gabungan dari hobby, seni, keahlian dan keberuntungan. Jadi, tidak ada yang bisa memastikan atau menjamin jika umpan atau resep yang digunakan akan mendapatkan juaranya atau berhasil, betul gak Sob?

Jadi menurut ane, faktor yang paling menentukan dari kegiatan memancing galatama adalah faktor Y yaitu "YAKIN". Yakin yang didukung oleh hobby, pengalaman, keahlian, serta keberuntungan bahwa anda akan mendapatkan jackpot atau babon.

Yakin jika anda hobbi mancing ? yang tahu anda sendiri😊
Yakin jika anda berpengalaman dan ahli mengikuti mancing galatama? sudah berapa tahun, berapa kolam, berapa resep umpan ikan lele yang anda coba!!??
Jika Pengalaman anda sudah banyak, "KEBERUNTUNGAN" pastilah berpihak kepada sobat.

Satu lagi Sob, ubahlah mindset anda dari mancing galatama yang selama ini hanya sekedar hobby, menjadi mengikuti mancing galatama sebagai sarana untuk mendapatkan income atau pendapatan tambahan.

Selain faktor Y,  jangan lupakan Faktor X,😊 kek matamatika ja ya sob,,faktor x adalah kondisi psikologis ketika mancing, cuaca, kondisi air, kedalaman kolam, dan usia kolam.

Dan yang terakhir sob, Fokuskan untuk memancing dan berekperimen pada satu jenis ikan yaitu lele, jangan berganti ganti ikan target galatama, setidaknya minimal selama satu tahun. Ane yakin sobat akan menemukan 1 formula khusus yang pas strike ikan lele galatama babon.

Untuk menunjang itu, ini sob ane kasih beberapa resep umpan ikan lele galatama untuk dikreasi menjadi lebih ampuh atau jitu lagi.....!

Umpan Ikan Lele 1

  1. Jangkrik Secukupnya
  2. Cuka warung 1/2 botol
  3. Vanili 4 bungkus
  4. Kuku bima anggur 1 sachet
  5. Air setengah gelas
  6. Essen daging dan anggur 3 tetes
  7. Essen sereh 1 tetes

Cara membuat; Rendam Jangkrik selama minimal 1 jam.
Gunakan air rendaman sebagai BOM..!

Umpan Ikan Lele 2

  1. Pelet Jitu
  2. Pelet Katulampa
  3. Biskuit Klik Cracker bisa diganti yang lain. 
  4. Ikan Tonkol Secukupnya.
  5. 1 butir telur ayam ambil kuningnya saja.
  6. Air rebusan daun pandan atau essen pandan secukupnya.

Cara Membuat;
Campurkan dan aduklah: Pelet jitu, Klik, Daging Ikan tongkol, dan kuning telur.
Lalu, tambahkan sedikit air panas, aduk lagi sambil menambahkan aroma pandannya. Buat adonan agak keras, jangan terlalu lembek.
Terakhir tambahkan pelet katulampa secukupnya, sebagai pengeras agar pulen tidak lembek.

Umpan Ikan Lele 3

  1. Uritan Ayam atau telur belum jadi. Cara masukkan kulkas supaya agak keras membeku, setelah itu langsung gunakan untuk mancing.
  2. Belut rebus setengah matang campurkan royco, bisa ditambahkan essen pandan.
  3. Udang rendam dengan yakult semalam.
  4. Usus rendam dengan kratingdaeng
Sekian dulu Sob,,salam strikeee,,,sukses selalu😐

2 Responses to "Faktor X dan Y Penentu Keberhasilan Mancing Ikan Lele Galatama|Umpan Ikan Lele Galatama Alternatif"

  1. Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
    Oh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.

    Terimakasih lagi min,
    Salam blogger.

    BalasHapus
  2. Di tulungagung jawa timur yg dilombakan hanya ikan lele saja,umpan hanya ceremenje,cacing ungker atau tanah dan ayam suir yg sudah disiram kuning telor bebek

    BalasHapus