Umpan Ikan Baung Sungai Musi Sumatra Selatan

Ikan Baung atau Mystus Nemurus ini bisa dikatakan menjadi ikan endemik sungai Musi. Ikan ini mendiami daerah hulu yang berada di kabupaten Lahat hingga muaranya di kota Palembang Sumtera Selatan. Ikan Baung cenderung berada di dasar sungai ketika mencari makan dan mendiami lubang-lubang di pinggir sungai. Jenis ikan ini termasuk nokturnal seperti kerabat dekatnya yaitu ikan lele, tapah, keting/sengingan, biran dan jenis-jenis cat fish lainnya. 


Orang Palembang/Musi biasa mengolah ikan ini menjadi, pindang baung, tempoyak ikan baung, gulai baung, dan juga baung asap atau mereka menyebutnya salai baung.

Memancing ikan baung termasuk sesuatu yang mengasyikkan karena sensasi tariknya memang lumayan mantap. Ikan baung termasuk ikan yang agresive, karena ketika memakan atau menyambar umpan langsung menariknya dan membawanya lari jadi kemungkinan dapatnya 99 %. Cara memancingnyapun ada beberapa macam, bisa dari pinggir sungai, tengah sungai(naik biduk/perahu kecil), dan najur.

Baung mudah didapatkan pertama ketika air surut atau sewaktu musim kemarau karena ikan ini cenderung mendiami lubuk-lubuk yang dalam dan kedua ketika setelah banjir besar karena ikan ini hanyut terbawa arus air sehingga ikan akan berhamburan kemana-mana(parit, kerung, rawa-rawa) yang penting ada air menggenang.
Tehnik memancing ikan baung biasanya menggunakan tehnik dasaran karena mengingat karakter ikan ini suka di dasar sungai. Sedangkan umpannya bisa menggunakan; 
  • Cacing Gelang,cacing ini berukuran jumbo dan terkenal mempunyai tingkat keamisan yang tinggi serta agak kenyal sehingga lebih awet ketika dimakan ikan-ikan kecil.
  • Ikan saluang/wader, umpan harus dalam keadaan hidup.biasanya digunakan untuk najur/memasang banyak pacing kemudian di tinggal beberapa jam.
  • Pedeh, campuran ikan(saluang, sengingan,biran) dan bawang putih yang dihaluskan  lalu, dimasukkan kedalam toples/botol kemudian tutup rapat dan simpan  3 hari atau lebih, dan pedeh siap digunakan.
  • Kocor/kucur, umpan ini adalah racikan dari bahan-bahan rahasia orang Musi/Palembang, biasanya dapat dibeli di toko pancing atau pasar tradisional dan harganya lumayan mahal. 


Baca juga: umpan ikan baung sungai ampuh rekomended

Demikianlah sedikit hal tentang pengalaman penulis, selamat mencoba,,,.....!

1 Response to "Umpan Ikan Baung Sungai Musi Sumatra Selatan"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus